DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI STRATEGI COPING PADA PENGIDAP PENYAKIT DIABETES MELLITUS(Studi Kasus di Desa Jaban Sinduharjo Ngaglik Sleman)

Ariffani Fatmawanti, Ariffani (2014) DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI STRATEGI COPING PADA PENGIDAP PENYAKIT DIABETES MELLITUS(Studi Kasus di Desa Jaban Sinduharjo Ngaglik Sleman). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan psikologis yang sering dialami oleh pengidap penyakit diabetes mellitus, mendeskripsikan strategi coping yang digunakan oleh pengidap penyakit diabetes mellitus dalam mengatasi permasalahan psikologisnya, mendeskripsikan bagaimana pengaruh dan bentuk dukungan sosial sebagai strategi coping pada pengidap penyakit diabetes mellitus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Desa Jaban Sinduharjo Ngaglik Sleman. Subjek penelitian ini adalah 4 orang pengidap penyakit diabetes mellitus namun tetap terlihat sehat dan dapat melakukan akitifitas sehari-hari seperti biasa, nampak tegar tidak seperti pengidap penyakit diabetes mellitus pada umumnya yang memiliki permasalahan psikologis, bertempat tinggal di Desa Jaban Sinduharjo Ngaglik Sleman. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles & Huberman. Miles & Huberman menggunakan interactive model yang mengklasifikasikan analisis data dalam tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan permasalahan psikologis yang muncul pada pengidap penyakit diabetes mellitus berbeda-beda, strategi coping yang digunakan subjek yaitu problem-focused coping dan emotion-focused coping mampu mencegah dan mengurangi permasalahan psikologis yang muncul, subjek mendapatkan dukungan sosial yang baik dari orang-orang terdekat dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan subjek menjadi lebih stabil dan membaik. Kata kunci: strategi coping, dukungan sosial, penyakit diabetes mellitus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 19:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item