HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN TOGOK DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN GULING DEPAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALASAN, KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN2012/2013

Delasonia, Delasonia Septiani (2013) HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN TOGOK DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN GULING DEPAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALASAN, KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi dela pdf FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan diketahuinya kelentukan togok dan kekuatan otot lengan serta kemampuan guling depan pada siswa tingkat SMP. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelentukan togok dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan guling depan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran. Analisis data penelitian menggunakan korelasiPearson Product Moment dan regresi ganda.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kalasan dengan jumlah keseluruhan 192 siswa. Sampel yang digunakan adalah 64 siswa dengan cara penentuan sampel menggunakan classroom random sampling. Instrumen yang digunakan adalah flexometer, pull and push dynamometer, dan tes kemampuan guling depan dengan tahapan dari sikap awal sampai sikap akhir gerakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dengan kemampuan guling depan karena rhitung=0,794>r(0,05)(63)=0,244. Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan guling depan karena rhitung=0,815>r(0,05)(63)=0,244. dan ada hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan guling depan karena Rhitung=0,910>R(0,05)(63)=0,244. Sumbangan kelentukan togok dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan guling depan adalah 82,8% sedangkan sisanya 17,2% ditentukan oleh faktor atau variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dengan kemampuan guling depan siswa kelas VII SMP N 1 Kalasan, Sleman Yogyakarta, ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan guling depan siswa kelas VII SMP N 1 Kalasan, Sleman Yogyakarta dan ada hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan guling depan siswa kelas VII SMP N 1 Kalasan, Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:35
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item