ANALISIS CLASSICAL MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN PENERAPANNYA PADA DATA PERSEPSI MAHASISWA UNY TERHADAP SUPERMARKET DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ardiyaningrum, Martalia (2009) ANALISIS CLASSICAL MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN PENERAPANNYA PADA DATA PERSEPSI MAHASISWA UNY TERHADAP SUPERMARKET DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
analisis_classical2.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Analisis multidimensional scaling merupakan salah satu metode dalam analisis multivariat yang merepresentasikan (menggambarkan) sekumpulan data dalam sebuah peta. Tujuan dari analisis multidimensional scaling adalah untuk menyelidiki keterkaitan faktor-faktor yang mempengaruhi suatu stimuli (penggambaran objek penelitian) dan menggambarkan hubungan tersebut ke dalam grafik berdimensi. Salah satu metode yang paling sederhana digunakan dalam penyelesaian multidimensional scaling adalah classical multidimensional scaling Dalam skripsi ini dibahas mengenai komputasi dan prosedur analisis classical multidimensional scaling. Secara umum, prosedur classical multidimensional scaling dibagi dalam empat langkah, yaitu (1) mentransformasikan nilai similarities dari data observasi ke dalam bentuk matriks jarak, (2) mengubah jarak objek yang satu dengan yang lain menjadi bentuk skalar dengan double centering, (3) memfaktorkan matriks double center menjadi dua objek baru dalam matriks dimensi, (4) menentukan jumlah dimensi, dan (5) menginterpretasikan jarak setiap pasangan stimuli dalam perceptual maping. Dimensi yang digunakan pada umumnya adalah dimensi 1, 2, dan 3, karena dengan dimensi tersebut lebih mudah untuk menginterpretasikan posisi masing-masing stimuli. Analisis classical multidimensional scaling banyak digunakan dalam riset pemasaran karena kemampuannya dalam menganalisis kedekatan setiap pasang stimuli dan keeratan masing-masing stimuli terhadap faktor yang mempengaruhi pemilihan responden terhadap stimuli tersebut. Perceptual maping mahasiswa UNY dalam pemilihan supermarket di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai studi kasus pada skripsi ini. Faktor-faktor yang digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih supermarket, yaitu pelayanan, harga, jarak, kelengkapan produk, promosi, dan kenyamanan. Hasil akhir dari perceptual maping berupa grafik dalam 1 dimensi, 2 dimensi, dan 3 dimensi. Kemiripan antar supermarket dapat dilihat dari jarak antar titik dalam perceptual maping tersebut. Sedangkan kedekatan supermarket terhadap faktor-faktor yang dominan dapat dilihat dari jarak stimuli dengan sumbu koordinat pada perceptual maping. Berdasarkan hasil classical multidimensional scaling terdapat tiga faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi responden dalam memilih supermarket yaitu faktor jarak, harga dan kelengkapan produk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Jul 2012 05:52
Last Modified: 08 Mar 2019 06:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item