PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN KECAKAPAN BERMAIN SEPAKBOLA ANGGOTA EKSTRAKULIKULER SEPAKBOLA SMA N 7 PURWOREJO

David, David Fendy Ciptadi (2013) PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN KECAKAPAN BERMAIN SEPAKBOLA ANGGOTA EKSTRAKULIKULER SEPAKBOLA SMA N 7 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAVID FENDY CIPTADI-NIM.09601244007.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan menggunakan metode small sided games terhadap peningkatan kecakapan bermain sepakbola anggota ekstrakurikuler SMA N 7 Purworejo. Kebanyakan dalam proses latihan masih menggunakan metode drill yang membosankan. Metode penelitan yang digunakan adalah eksperimen, teknik pengambilan data dengan menggunakan tes keterampilan yaitu menggunakan Pengembangan Kecakapan Tes ”David Lee”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota ekstrakurikuler sepakbola SMA N 7 Purworejo, dari kelas 10 sampai 12 berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 21 siswa. Pengambilan data menggunakan pree test dan post test agar mengetahui apakah ada peningkatan. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan thitung sebesar 14,446 > 2,086 (ttabel) dan nilai p (0,000) < 0,05, hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kecakapan bermain sepakbola yang dimiliki siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 7 Purworejo sebelum dan sesudah diberikan latihan. Berdasarkan perbandingan hasil pengaruh rata-rata (mean different) dan mean pre-test maka dapat diketahui besarnya presentase peningkatan kecakapan bermain sepakbola siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 7 Purworejo yakni meningkat sebesar 25,14%. Peningkatan yang dicapai setelah melakukan 16 kali treatment sebesar 25,14%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode latihan small sided games yang dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan dapat meningkatkan kecakapan bermain sepakbola anggota ekstrakurikuler SMA N 7 Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:32
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14109

Actions (login required)

View Item View Item