PERBEDAAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS OLAHRAGA DAN SISWA KELAS REGULER SMA NEGERI 4 YOG YAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Scetsa, Scetsa Ayu Ningrum (2013) PERBEDAAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS OLAHRAGA DAN SISWA KELAS REGULER SMA NEGERI 4 YOG YAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SCETSA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kedisiplinan siswa olahraga dan siswa kelas reguler SMA Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validitas 0,176 dan reliabilitas 0,874. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 724 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampling purposive dengan syarat kelas X dan XI, khusus untuk kelas reguler ditambah dengan proporsional sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistika dengan Uji . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas reguler memiliki tingkat kesdisiplinan yang lebih tinggi dibandingkan kelas olahraga, Hal tersebut dibuktikan dengan rerata dari siswa kelas olahraga sebesar 89,16 lebih rendah dari pada rerata siswa kelas reguler sebesar 94,76. Perhitungan hitung = 7,919 lebih besar dari tabel = 6,314 dan nilai Sig (= 0,005) < α (= 0,05) pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan siswa kelas olahraga dan siswa kelas reguler di SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:28
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item