UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI PERCOBAAN 3 PAKEM

Iwan Yuni, Isetyawati (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI PERCOBAAN 3 PAKEM. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Iwan Yuni Isetyawati.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Campuran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas II SD Negeri Percobaan 3 Pakem. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dua siklus dan masing-masing terdiri atas empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam satu spiral yang saling berkaitan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan metode observasi (pengamatan). Instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Soal tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II. Pada akhir siklus I siswa yang sudah tuntas mencapai KKM sebanyak 16 siswa (64%), sedangkan pada akhir siklus II siswa yang sudah tuntas mencapai KKM sebanyak 27 siswa (96%). Ada kenaikan ketuntasan siswa atau nilai hasil belajar Matematika dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Dari penelitian tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat yaitu dengan presentasi, belajar kelompok, permainan, turnamen dan penghargaan pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri Percobaan 3 Pakem, khususnya pada materi Operasi Hitung Campuran. Kata Kunci: hasil belajar Matematika, model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:35
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item