MOTIVASI ORANG TUA MENGIKUTSERTAKAN ANAKNYA BERLATIH RENANG DI KLUB RENANG YANG BERLATIH DI KOLAM RENANG UNY

Mizanurohman, Mizanurohman (2013) MOTIVASI ORANG TUA MENGIKUTSERTAKAN ANAKNYA BERLATIH RENANG DI KLUB RENANG YANG BERLATIH DI KOLAM RENANG UNY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Mohmammad Mizanurohman.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang motivasi orangtua mengikutsertakan anaknya berlatih renang di klub renang yang berlatih di kolam renang UNY. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui besarnya motivasi orangtua mengikutsertakan anaknya berlatih di klub renang yang berlatih di kolam renang UNY secara umum, serta motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Peneltian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu : motivasi orangtua, populasi yang digunakan adalah seluruh orangtua yang mengikutsertakan anaknya berlatih di klub renang yang berlatih di kolam renang UNY yang berjumlah 70 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan skala psikologi, untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orangtua mengikutsertakan anaknya berlatih di klub renang yang berlatih di kolam renang UNY pada kategori tinggi dengan rincian sebagai berikut sebanyak 2,87% orangtua motivasinya sangat tinggi, 47,14% orangtua motivasinya tinggi dan 45,71% orangtua motivasinya sedang. Faktor intrinsik pada kategori tinggi dengan rincian sebagai berikut sebanyak 10% orangtua motivasinya sangat tinggi, 40% orangtua motivasinya tinggi, 48,57% orangtua motivasinya sedang. Faktor ekstrinsik pada kategori tinggi dengan rincian sebagai berikut sebanyak 2,87% orangtua motivasinya sangat tinggi, 34,28% orangtua motivasinya tinggi, 47,14% orangtua motivasinya sedang. Indikator terbesar motivasi orangtua mengikutsertakan anaknya berlatih renang di klub renang yang berlatih di kolam renang UNY adalah pengembangan dan pertumbuhan fisik dengan persentase persetujuan 72,86 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:24
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item