PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CATURTUNGGAL I, DEPOK, SLEMAN TAHUN 2014

Syahrial, Syahrial (2014) PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CATURTUNGGAL I, DEPOK, SLEMAN TAHUN 2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku hidup sehat adalah membiasakan diri untuk selalu berperilaku yang bersih dan menjaga kesehatan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Mengingat pentingnya menjaga kesehatan, oleh karena itu menjaga kesehatan harus ditanamkan sejak usia dini, tetapi pada kenyataannya siswa SD Negeri Caturtunggal kelas IV dan V belum membiasakan perilaku hidup sehat. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar perilaku hidup sehat siswa kelas IV dan V SD Negeri Caturtunggal 1, Depok, Sleman Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Caturtunggal 1, Depok, Sleman tahun 2014 yang berjumlah 53 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Dengan hasil validitas minimum 0,235 sehingga dengan batas minimum validitas 0,3 maka ada butir soal yang gugur dan reliabilitas 0,897. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada sebanyak 54,7% siswa masuk dalam kategori tinggi, diantaranya perilaku terhadap makan dan minum, kategori tinggi 50,9% pada perilaku kebersihan diri, kategori tinggi sebesar 37,7% pada perilaku kebersihan lingkungan, 41,5% kategori tinggi pada perilaku sakit, dan 34% kategori tinggi pada kategori keseimbangan antara kegiatan, istirahat dan olahraga. Hasil dari jawaban siswa terhadap 33 pernyataan yang diajukan adalah sebanyak 37,7% siswa selalu melakukan perilaku hidup sehat terhadap makanan dan minuman. Sebanyak 38,1% siswa menjawab selalu melakukan kebersihan diri. Perilaku hidup sehat terhadap kebersihan lingkungan selalu dilakukan oleh 45,6% siswa. Sebanyak 37,4% siswa yang selalu melakukan perilaku terhadap sakit dan penyakit dan hanya ada sebanyak 17,5% yang selalu melakukan keseimbangan antara kegiatan, istirahat dan olahraga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:30
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item