MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN KELAS V SD NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014

Ria Amalia, Skolikhah (2014) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN KELAS V SD NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode ekpserimen yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Sedayu, Bantul tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 71,5%, setelah dilakukan perbaikan oleh guru dengan membagi kelompok sesuai hasil belajar siklus I, membagi tugas pada setiap anggota kelompok, memberikan waktu kepada siswa untuk menuliskan hasil percobaan pada buku tulisnya serta memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk membuat pertanyaan kepada kelompok yang sedang presentasi dapat meningkatkan keaktifan siswa menjadi 81,7% pada siklus II. Hasil belajar siswa pra siklus sebesar 70,66, selanjutnya dengan menggunakan metode eksperimen yang melibatkan siswa untuk melakukan percobaan dengan bimbingan guru meningkat menjadi 72,28 pada siklus I, kemudian guru melakukan perbaikan dengan membagi kelompok sesuai hasil belajar siklus I, membagi tugas pada setiap anggota kelompok, memberikan waktu kepada siswa untuk menuliskan hasil percobaan pada buku tulisnya serta memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk membuat pertanyaan kepada kelompok yang sedang presentasi dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus II sebesar 75,09. Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, metode eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

View Item View Item