TINGKAT PEMENUHAN KEBUTUHAN DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN 2013/2014

Siska Taurina Fatmawati, Siska (2014) TINGKAT PEMENUHAN KEBUTUHAN DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar pemenuhan kebutuhan pembelajaran siswa beserta alasan pemenuhan kebutuhan pembelajaran siswa di SMP Negeri 3 Kalasan. Jenis penelitian ini adalah desriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Sampel diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 25% dari seluruh populasi yaitu 93 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah skala pemenuhan kebutuhan pembelajaran siswa di sekolah. Validitas instrumen dilakukan berdasar pada validitas konstruk dengan uji instrument dan menganalisisnya dengan menggunakan metode analisis faktor, yaitu dengan mengkorelasikan antar skor item instrumen. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,960 untuk skala pemenuhan kebutuhan pembelajaran siswa. Skala ini dikatkan reliabel karena mendekati 1. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor mean dari seluruh siswa sebesar 106,6. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan pembelajaran siswa di SMP Negeri 3 Kalasan sudah “terpenuhi” bagi siswa karena skor mean nya berada pada interval 89-131. Pemenuhan kebutuhan pembelajaran siswa baik berdasarkan kondisi internal maupun kondisi eksternal secara keseluruhan sudah terpenuhi karena memiliki skor mean masing-masing 1,84 dan 1,82. Hasil penelitian juga dilihat berdasarkan jenis kelamin dan jenjang kelas. Berdasarkan jenis kelamin, hasil skor mean laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan, yaitu 110,8 dan 102,1, maka keduanya masuk dalam kategori “terpenuhi”. Berdasarkan jenjang kelas, hasil skor mean kelas VII, VIII, dan IX masing-masing adalah 121,9, 94,7, dan 102,6, maka ketiganya masuk dalam kategori “terpenuhi”. Hal ini berarti kebutuhan pembelajaran siswa di SMP Negeri 3 Kalasan dapat dikatakan sudah terpenuhi.. Maka siswa di SMP Negeri 3 Kalasan cenderung mampu untuk mengikuti kegiatan belajar dengan baik. Kata kunci: pemenuhan kebutuhan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item