MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ

Aji Khaerudin, Aji (2014) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Aji Khaerudin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui bimbingan kelompok dengan metode role playing pada remaja panti asuhan Nurul Haq. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam satu siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah 24 anak panti usia remaja, dengan subyek penelitian yang berusia antara 12-21 tahun yang memiliki permasalahan sama dalam rendahnya kecerdasan emosional. Jenis tindakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah bimbingan kelompok role playing. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data kecerdasan emosi dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan kelompok dengan metode role playing dapat meningkatkan kecerdasan emosi remaja panti asuhan Nurul Haq. Setelah pelaksanaan tindakan 1 yaitu kegiatan role playing yang meliputi persiapan, pelaksanaan role playing, dimana kelompok A sebagai pemeran role playing dan kelompok B sebagai pengamat, diakhiri dengan diskusi. Kemudian dilanjutkan tindakan 2 yaitu kegiatan role playing yang meliputi persiapan, pelaksanaan role playing kedua, dimana kelompok B bergantian sebagai pemeran role playing dan kelompok A sebagai pengamat, diakhiri dengan diskusi. Setelah tindakan 2 selesai diakhiri dengan refleksi dan evaluasi serta pemberian post test. dan diperoleh peningkatan rata-rata kecerdasan emosi dari rata-rata pre-test 123,63 menjadi 167,75. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan kemampuan dalam memahami kesadaran diri sendiri, mengendalikan emosi diri sendiri, memotivasi diri sendiri, saling berempati, dan dapat meningkatkan hubungan yang baik dengan sesama penghuni panti asuhan. Kata kunci: kecerdasan emosi, bimbingan kelompok, role playing, remaja panti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:33
Last Modified: 25 May 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item