EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Janah, Anita Sarifatkul (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[06303244057]Anita Sarifatkul Janah.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model problem based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran PBL dengan peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran dengan model PBL di SMA Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Semester 2 di SMA N 2 Sleman tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi 96 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas dengan jumlah masing-masing per kelas 32 peserta didik. Sampel penelitian ini terbagi dalam dua kelas yakni kelas eksperimen (XB) dan kelas kontrol (XA) yang diambil secara purpossive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia peserta didik, data motivasi peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran yang dianalisis dengan uji t-sama subjek dan uji t-beda subjek, dan data prestasi kimia peserta didik yang dianalisis dengan uji anakova. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibanding kelas yang dalam proses pembelajarannya tanpa menggunakan model pembelajaran PBL. Oleh karena itu model pembelajaran PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item