PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STAD DAN TGT TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI KIMIA KELAS XI

Sari, Anggi Ristiyana Puspita (2014) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STAD DAN TGT TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI KIMIA KELAS XI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241034]Anggi Ristiyana Puspita Sari.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain meliputi: (1) desain dua faktor, dua sampel, satu kovariabel; (2) desain dua faktor, dua sampel; (3) desain satu faktor dengan pengamatan ulang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi 145 peserta didik. Sampel penelitian yang diambil adalah kelas XI IPA 5 menggunakan pembelajaran STAD sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 4 menggunakan pembelajaran TGT sebagai kelas eksperimen 2, diambil secara purposive sampling. Data yang diambil adalah data pengetahuan awal kimia, prestasi belajar kimia yang dianalisis menggunakan anakova, dan data motivasi belajar kimia sebelum dan sesudah pembelajaran yang dianalisis menggunakan uji-t sama subjek dan uji-t beda subjek. Hasil uji-t sama subjek menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar kimia pada kedua kelas eksperimen. Hasil uji-t beda subjek menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar kimia antara kedua kelas eksperimen. Hasil uji anakova menunjukkan ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar kimia antara kedua kelas eksperimen, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

View Item View Item