HUBUNGAN TINGKAT PENGHASILAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG MAKANAN BERGIZI DENGAN STATUS GIZI SISWA TK ISLAM ZAHROTUL ULUM KARANGAMPEL INDRAMAYU

Irwan Dwi Febrianto, Irwan DF. (2012) HUBUNGAN TINGKAT PENGHASILAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG MAKANAN BERGIZI DENGAN STATUS GIZI SISWA TK ISLAM ZAHROTUL ULUM KARANGAMPEL INDRAMAYU. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Irwan Dwi Febrianto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Tingkat Penghasilan, Tingkat Pendidikan, dan Tingkat Pengetahuan Orangtua Tentang Makanan Bergizi dengan Status Gizi Siswa TK Islam Zahrotul Ulum, Karangampel, Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan teknik angket dan status gizi. Subyek penelitian ini adalah orangtua dan siswa TK Islam Zahrotul Ulum, Karangampel, Indramayu yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian untuk mengukur tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, dan tingkat pengetahuan orangtua tentang makanan bergizi menggunakan angket sedangkan status gizi siswa menggunakan perhitungan BMI. Teknik menganalisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi tiga prediktor yakni tingkat penghasilan (X1), tingkat pendidikan(X2) dan tingkat pengetahuan orangtua (X3) terhadap variabel outcome yakni status gizi (Y) dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama terdapat hubungan bermakna antara tingkat penghasilan orangtua dengan status gizi siswa dengan r= 0,649, kedua terdapat hubungan bermakna antara tingkat pendidikan orangtua dengan status gizi siswa dengan r= 0,590, ketiga terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan orangtua dengan status gizi siswa dengan r= 0,574, serta keempat terdapat hubungan bermakna positif antara hubungan tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, dan tingkat pengetahuan orangtua tentang makanan bergizi dengan status gizi siswa dengan r= 0,759. Ketiga variabel bebas tersebut secara bermakna memberikan sumbangan sebesar 57,545%, dengan model statistik status gizi Y= 4,525 + 0,000767 X1 + 0,472 X2 + 0,453 X3.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:33
Last Modified: 11 Mar 2019 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item