TINGKAT KEBERHASILAN THERABAND THERAPY DALAM MENINGKATKAN RANGE OF MOVEMENT (ROM) PASCA CEDERA PERGELANGAN TANGAN PADA TIM UKM SOFTBALL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ardi utomo, Ardi (2013) TINGKAT KEBERHASILAN THERABAND THERAPY DALAM MENINGKATKAN RANGE OF MOVEMENT (ROM) PASCA CEDERA PERGELANGAN TANGAN PADA TIM UKM SOFTBALL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Ardi Utomo.pdf

Download (108MB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis cedera yang banyak dialami atlet softball adalah cedera pergelangan tangan yang salah satu gejalanya adalah penurunan range of movement(ROM) pergelangan tangan. Dewasa ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi cedera pada pergelangan tangan meliputi obat, fisioterapi, terapi manual, dan theraband therapy. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat keberhasilan theraband therapy dalam meningkatkan range of movement (ROM) pasca cedera pergelangan tangan tim UKM softball UNY. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain softball Universitas Negeri Yogyakarta yang pernah mengikuti berbagai turnamen tingkat daerah, luar daerah dan nasional dengan ROM pergelangan tangan < 80% normal. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Subjek dinilai ROM fleksi, ekstensi, abduksi, dan adduksi sebelum perlakuan (pretest), setelah perlakuan minggu pertama(postest-1), minggu ke-2 (postest-2) dan minggu ke-3 (postest-3) dengan menggunakan jangka dan busur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji efektivitas dan uji beda. Didapatkan hasil bahwa rata-rata (mean) fleksi sebelum perlakuan theraband therapy (pretest) sebesar 61,20o dan setalah perlakuan theraband therapy selama 3 minggu naik menjadi 76,07o atau naik 95,08% mendekati ROM fleksi normal (p value < 0,05). Selain itu ekstensi pretest sebesar 52,73o naik menjadi 64,53o pada postest-3 atau naik mendekati ROM normal sebesar 92, 19% (p value < 0,05). Abduksi pretest 11,86o mengalami kenaikan pada postest-3 sebesar 18,13o atau naik mendekati ROM normal sebesar 90, 67% (p value < 0,05). Selain itu adduksi pretest 32,53o mengalami kenaikan pada postest-3 sebesar 43,20o atau 96,00% naik mendekati ROM normal (p value < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa theraband therapy dapat meningkatkan ROM pergelangan tangan pasca cedera.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 04:44
Last Modified: 25 Mar 2015 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item