PERSEPSI PASIEN PUTERI PHYSICAL THERAPY CLINIC TERHADAP EFEKTIVITAS SPORT MASSAGE DALAM MENGATASI PENYEBAB KESULITAN TIDUR

Asna Syafitri Sari, Asna (2012) PERSEPSI PASIEN PUTERI PHYSICAL THERAPY CLINIC TERHADAP EFEKTIVITAS SPORT MASSAGE DALAM MENGATASI PENYEBAB KESULITAN TIDUR. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Asna Syafitri S.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor utama yang menyebabkan kesulitan tidur pada pasien puteri physical therapy clinic dan juga untuk mengetahui persepsi pasien puteri physical therapy clinic terhadap efektivitas sport massage dalam mengatasi penyebab kesulitan tidur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah pasien puteri yang memerlukan penanganan sport massage di physical therapy clinic FIK UNY. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel purposif dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik kategorisasi yang kemudian diolah dalam bentuk persentase terhadap total subjek. Hasil penelitian berdasarkan faktor-faktor penyebab kesulitan tidur, yaitu: faktor fisiologis pada kategori sangat tinggi sebanyak 70 % respoden, faktor psikologis pada kategori sangat tinggi sebanyak 60 % responden, faktor lingkungan pada kategori sangat rendah sebanyak 60 % responden. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan persepsi terhadap efektivitas sport massage secara keseluruhan dalam kategori sangat tinggi sebanyak 70 % responden, persepsi terhadap efektivitas sport massage pada faktor fisiologis dalam kategori sangat tinggi sebanyak 75 % responden, persepsi terhadap efektivitas sport massage pada faktor psikologis dalam kategori sangat tinggi sebanyak 65 % responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien puteri physical therapy clinic mempunyai penilaian yang baik terhadap efektivitas sport massage dalam mengatasi penyebab kesulitan tidur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:32
Last Modified: 11 Mar 2019 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item