IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB BERTATO PADA REMAJA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014(Studi Kasus Tentang Faktor Penyebab dan Dampak Bertato pada Remaja Kota Yogyakarta)

Anggit Praseta Dewa, Anggit (2014) IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB BERTATO PADA REMAJA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014(Studi Kasus Tentang Faktor Penyebab dan Dampak Bertato pada Remaja Kota Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak bertato pada remaja kota Yogyakarta tahun 2014 yaitu studi kasus tentang faktor penyebab dan dampak bertato pada remaja Kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja bertato Kota Yogyakarta namun bukan seluruhnya melainkan sebanyak 6 remaja bertato. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi yang kemudian ditriangulasikan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab remaja bertato Kota Yogyakarta beragam meliputi faktor minat, lingkungan, pekerjaan, religiusitas, imitasi tokoh idola dan bentuk ekspresi diri. Dampak yang dialami oleh remaja bertato Kota Yogyakarta meliputi empat aspek yaitu aspek pribadi, aspek sosial, aspek karir dan aspek kesehatan. Aspek pribadi, dampak yang muncul adalah perubahan rasa percaya diri seseorang akibat tato yang dimilikinya. Aspek sosial adalah tanggapan dan perlakuan yang beragam dari berbagai lingkungan masyarakat Kota Yogyakarta. Aspek karir dampak yang dialami oleh subjek adalah keterbatasan dalam mengakses pekerjaan-pekerjaan yang melarang pekerjanya memiliki tato. Dan yang terakhir yaitu aspek kesehatan belum terlihat dampak kesehatan yang serius dari keenam subjek akibat tato yang mereka miliki. Kata kunci: remaja, tato.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item View Item