FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 1 SLEMAN

Faza, Faza Guruh Sadewa (2013) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 1 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Faza Guruh Sadewa.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya seusia anak SMP dalam mengikuti suatu kegitan hanya didasari dengan ketertarikan atau hanya meniru dari teman-temanya saja tanpa tahu apa tujuannya. Dalam kenyataanya seseorang melakukan suatu aktivitas atau kegiatan selalu didasari dengan adanya motivasi dan minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat siswa memilihi ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Sleman, yang terdiri dari faktor intern dan faktor ekstern Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Sleman yang berjumlah 32 responden, dan seluruh anggota populasi dijadikan subjek penelitian. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,943. Hasil penelitian identifikasi faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 1 Sleman, bahwa faktor intern memiliki andil sebanyak 36,62% dalam mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 1 Sleman, dengan perincian indikator rasa senang memiliki presentase sebesar 18,62% dan indikator ketertarikan memiliki presentase sebesar 18,00%. Sedangkan untuk faktor ekstern ternyata memiliki andil sebanyak 63,38% dalam mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 1 Sleman, yaitu dengan perincian bahwa indikator pelatih memiliki presentase sebesar 16.73%, indikator lingkungan memiliki presentase sebesar 15,59%, indikator fasilitas memiliki presentase sebesar 15.44% dan indikator keluarga memiliki presentase sebesar 15,62%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item