KETEPATAN UNDERHAND SERVICE DAN FLOATING SERVICE BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Bambang, Bambang Setyawan (2013) KETEPATAN UNDERHAND SERVICE DAN FLOATING SERVICE BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAMBANG SETYAWAN_09601244188.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering terjadinya kesalahan servis pada peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Piyungan mengingat porsi latihan servis sudah banyak dilatihkan oleh pelatih.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan underhand service dan floating service bolavoli peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 1 Piyungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bolavoli dengan jumlah sebanyak 25 siswa, yang kemudian seluruh populasi dijadikan subyek penelitian. Instrumen dalam penelitian adalah tes ketepatan servis dari daerah sasaran servis dari Russell – Lange VolleyBall Test dengan koefisien validitas 0.811 dan koefisien reliabilitas 0,89. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan pengklasifikasian dibagi menjadi 5 kategori, yang kemudian dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketepatan underhand servicedan floating servicebolavoli yang ada di SMA N 1 Piyungan menunjukan bahwa kemampuan underhand service berada pada kategori sedang, sedangkan ketepatan floating service bolavoli yang ada di SMA N 1 Piyungan berada pada kategori baik. Ketepatan underhand service bolavoli peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA N 1 Piyungan adalah 2 siswa (8,00%) mempunyai kategori sangat baik, 6 siswa (24,00%) mempunyai kategori baik, 11 siswa (44,00%) mempunyai kategori sedang, 4 siswa (16,00%) mempunyai kategori kurang, 2 siswa (8,00%) mempunyai kategori kurang sekali. ketepatan floating service bolavoli peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA N 1 Piyungan adalah 0 siswa (0,00%) mempunyai kategori sangat baik, 13 siswa (52,00%) mempunyai kategori baik, 5 siswa (20,00%) mempunyai kategori sedang, 5 siswa (20,00%) mempunyai kategori kurang, 2 siswa (8,00%) mempunyai kategori kurang sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item