PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK DAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA N 1 BUMIAYU TAHUN AJARAN 2013/2014

Amalia, Yuni (2014) PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK DAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA N 1 BUMIAYU TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10314244031]Yuni Amalia.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan motivasi belajar kimia peserta didiksetelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik (2) peningkatan motivasi belajar kimia peserta didiksetelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional (3) perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didiksetelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik dan pendekatan konvensional (4) perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didiksetelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik dan pendekatan konvensionalapabila pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 1 Bumiayu tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 171peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian berjumlah 68peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yang diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah lembar test motivasi dan tes prestasi belajar kimia. Data penelitian ini dianalisis secara statistik menggunakan analisis uji-t sama subjek (paired samples t-test), uji-t antar kelompok (independent samples t-test), dan analisis kovarians yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik di kelas sistemik, (2) tidak ada peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik di kelas konvensional, (3) tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik kelas sistemik dan konvensional, (4) ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik antara kelas sistemik dan kovensional, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:54
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14053

Actions (login required)

View Item View Item