UPAYA POLISI DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH MAHASISWA DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Di Polresta Yogyakarta)

Sarwiati (2013) UPAYA POLISI DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH MAHASISWA DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Di Polresta Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. PERSETUJUAN.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB IV.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. LAMPIRAN.pdf

Download (3kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Tujuan tersebut antara lain: untuk mendeskripsikan upaya polisi dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba oleh mahasiswa di Kota Yogyakarta dan kendala-kendala yang dihadapi polisi dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba oleh mahasiswa serta upaya polisi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini mengunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini adalah Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat, Kepala Satuan Reserse Narkoba, Kepala Unit I Satuan Reserse Narkoba, Kepala Urusan Administrasi dan Tata Usaha Satuan Reserse Narkoba dan 3 penyidik pembantu di Satuan Reserse Narkoba. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik cross check. Penelitian ini menggunakan teknik analisis induktif. Adapun langkah-langkah dalam melakukan analisis data yaitu reduksi data, kategorisasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya polisi dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba oleh mahasiswa di Kota Yogyakarta dilakukan melalui upaya preventif, dan represif. Upaya preventifnya yaitu melakukan pembinaan dan penyuluhan, memasang spanduk imbauan, dan melakukan kerjasama dengan BNNP dan Dikti, sosialisasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, melakukan patroli di tempat rawan, membentuk kring narkoba, dan membentuk jaringan informan. Upaya represifnya yaitu melakukan tindakan penyelidikan dan penyidikan. Kendala dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba oleh mahasiswa, yaitu waktu pelaksanaan penyuluhan dan sosialisasi terkadang kurang tepat, sebagian mahasiswa ada yang kurang merespon dengan baik terhadap kegiatan pembinaan, penyuluhan dan sosialisasi yang diselenggarakan oleh polisi, kurangnya sarana dan prasarana, belum bisa melakukan sidak atau razia dan tes urine di kampus-kampus, kurangnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, sering ada anggota polisi yang memberikan informasi akan ada razia kepada masyarakat, dan kurang adanya koordinasi antara pihak kepolisian dengan bank dan layanan komunikasi. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, polisi berusaha memilih waktu yang kira-kira mahasiswa memiliki waktu luang, melaporkan kepada pimpinan bahwa polisi membutuhkan inventaris sepeda motor atau mobil dan alat penyadap, melakukan koordinasi dengan pihak kampus, membina masyarakat, merahasiakan setiap rencana kegiatan razia, dan Kepala Unit atau Kepala Satuan Reserse Narkoba berusaha menemui manager bank ataupun manager layanan komunikasi agar mendapatkan kesepakatan dan dapat bekerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum > Hukum (Umum)
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item