PENGARUH PENGUATAN POSITIF TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK

Bunga Mahayu Sukma, Bunga (2014) PENGARUH PENGUATAN POSITIF TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi yang menunjukkan ada sekitar 60% siswa yang belum berperan aktif di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penguatan positif terhadap keaktifan siswa dalam layanan bimbingan belajar pada siswa di SMP Muhammadiyah 2 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pra eksperimen dengan desain One-Group Pretest Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini semua siswa di SMP Muhammadiyah 2 Depok, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas penelitian. Pengambilan sampel menggunakan sistem cluster sampling. Alat ukur utama yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan siswa dan lembar pedoman observasi penguatan positif. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji-t. Perhitungan uji-t menggunakan skor mentah pretest dan posttest hasil observasi keaktifan siswa saat layanan bimbingan belajar. Dari hasil uji-t diketahui nilai t =-3,312 dengan p=0,003 (p<0,05). Dengan demikian ada pengaruh penguatan positif terhadap keaktifan siswa dalam layanan bimbingan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh guru BK dapat memberikan bimbingan belajar dengan menggunakan penguatan positif seperti memberikan pujian, tepuk tangan, hadiah, acungan jempol, dan senyuman untuk meningkatkan keaktifan siswa. Kata kunci: penguatan positif, keaktifan siswa, siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item