PENINGKATAN KESIAPAN MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 NGAGLIK

David Wahyullah, David (2014) PENINGKATAN KESIAPAN MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 NGAGLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ngaglik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Model penelitian ini mengacu pada Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian ini berjumlah 31 siswa dalam satu kelas. Obyek penelitian ini adalah kesiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala kesiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan tabulasi data secara kuantitatif berdasar hasil tindakan dan dideskripsikan berupa kalimat dan data konkrit. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dengan lima tahapan tindakan, yaitu pemberian tugas referensi program studi dan perguruan tinggi, diskusi kelompok kecil, expository diikuti diskusi kelas, teknik pemecahan masalah dan diskusi kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan kesiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ngaglik. Peningkatan kesiapan siswa dapat dilihat dari perbandingan hasil pre test yang menunjukkan kategori kesiapan sedang dengan skor rata-rata 30,41 dan hasil post test berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 37,90, naik 15,6% dari kondisi sebelum tindakan dilakukan. Selain itu, peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara terhadap siswa yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjelaskan alasan pemilihan prodi dan perguruan tinggi, peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun jadwal kegiatan, peningkatan kemampuan siswa dalam mengenali dan merumuskan pilihan-pilihan cara penyelesaian permasalahan belajar dan peningkatan aspek-aspek kesiapan yang lain. Kata kunci: kesiapan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item