UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Rastri Medhiana, Rastri (2014) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Rastri Medhiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif teknik jigsaw pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bantul. Metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang meliputi unsur saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar anggota dan evaluasi proses kelompok, Penelitian ini menggunakan CAR (Classroom Action Research) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Bantul yang berjumlah 19 siswa diambil dengan menggunakan teknik purposive. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tindakan. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan skala motivasi belajar, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Reliabilitas skala motivasi belajar sebesar 0,892 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Materi yang digunakan sebagai pendukung pelaksanaan pembelajaran kooperatif teknik adalah mata pelajaran geografi. Jenis kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan teknik jigsaw yaitu membaca, diskusi kelas pakar, laporan kelompok, tes dan penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif teknik jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pre-test dengan post-test siklus I dan post-test siklus II yang mengalami peningkatan dari 49,8% meningkat menjadi 71,2% dilanjutkan dengan siklus kedua sehingga mencapai rata-rata menjadi 78%. Dari hasil tersebut, penelitian dicukupkan karena kriteria keberhasilan yang ditargetkan sebesar 76% sudah terlampaui. Selain itu siswa yang mendapatkan skor kategori tinggi sebanyak 14 siswa dari 19 siswa. Kata kunci : motivasi belajar, pembelajaran kooperatif teknik jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:20
Last Modified: 29 Jan 2019 19:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item