HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG DONGENG SISWA SD KELAS V DI KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013

Rinawati, - (2014) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG DONGENG SISWA SD KELAS V DI KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan mengarang dongeng siswa kelas V SD di kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan mengarang dongeng siswa kelas V SD di kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan kosakata dan kemampuan mengarang dongeng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di kecamatan Pakualaman Yogyakarta berjumlah 200 orang. Sampel penelitian ini sebesar 20% dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data variabel penguasaan kosakata dan variabel kemampuan mengarang dongeng adalah berbentuk soal pilihan. Pada uji coba instrumen, penulis menguji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas dengan rumus K-R 21. Statistik inferensial, sering juga disebut statistik induktif atau statistik probabilitas. Untuk pengujian hipotesis, penulis memakai rumus korelasi product moment yang penghitungannya menggunakan program SPSS.12.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data teruji bahwa r hitung lebih besar (>) dari r tabel, yaitu 0,806 > 0,312 (hasil dari intervolasi pada taraf kebermaknaan α=0,05 dengan n=40). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, atau juga dapat dilihat dari probabilitas (sig. 2-tailed) yaitu 0,000 kurang dari (<) 0,05. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara hubungan kosakata dengan kemampuan mengarang dongeng. Besarnya nilai r = 0,806 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, maka hubungan antara hubungan kosakata dan kemampuan mengarang dongeng adalah termasuk dalam kategori kuat. Kata Kunci : penguasaan kosakata, kemampuan mengarang dongeng

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 19:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item