PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN SUSTAINED SILENT READING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MENDAK PONJONG GUNUNGKIDUL

Fitria, Nurhidayati (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN SUSTAINED SILENT READING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MENDAK PONJONG GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan sustained silent reading siswa kelas IV SD Negeri Mendak Ponjong Gunungkidul dan, 2) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan sustained silent reading siswa kelas IV SD Negeri Mendak Ponjong Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mendak Ponjong Gunungkidul yang berjumlah 13 siswa dengan perincian 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan sustained silent reading dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mendak. Proses pembelajaran menjadi lebih baik, siswa menjadi lebih aktif dalam menjawab pertanyaan, siswa aktif dalam kegiatan membaca, siswa berani dan semangat maju untuk membaca secara individu, dan siswa aktif dalam melaksanakan perintah guru untuk menuliskan kembali kesimpulan isi bacaan. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa pada akhir siklus II yaitu sebesar 17,69 yang kondisi awal sebelum diadakan penelitian sebesar 60 meningkat menjadi 77,69. Kata kunci : keterampilan membaca pemahaman, sustained silent reading, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 19:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item