PERBEDAAN TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN BOLABASKET MELALUI TES KETERAMPILAN DAN TES PENGAMATAN PADA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN 2014

Neni Damai Yanti, Neni Damai Yanti (2014) PERBEDAAN TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN BOLABASKET MELALUI TES KETERAMPILAN DAN TES PENGAMATAN PADA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN 2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini belum teridentifikasinya perbedaan keterampilan bermain bolabasket melalui tes keterampilan menggunakan tes STO dan tes pengamatan pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan ngkat keterampilan bermain bolabasket melalui tes keterampilan dan tes pengamatan pada siswa putra peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan membedakan pengukuran tingkat keterampilan bolabasket melalui tes keterampilan menggunakan es Sekolah Tinggi Olahraga (STO) dengan tes pengamatan. Subyek penelitian dalah siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Yogyakarta sebanyak 15 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Tes keterampilan bermain bolabasket STO serta Tes pengamatan menggunakan 3 (tiga) rater dengan skala penilaian yang dibuat berdasarkan kebutuhan tes keterampilan yang telah divalidasi oleh dosen ahli dalam bolabasket. Hasil penelitian dari perhitungan koefisien Kohen KAPPA menunjukkan reliabilitas tes sebesar 0,71 dan termasuk dalam kategori memuaskan (good) menurut kriteria yang dikemukakan oleh Fleiss. Hasil perhitungan keterampilan bermain bolabasket melalui tes keterampilan STO pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket diperoleh mean sebesar 2251,06 sedang hasil penelitian tingkat keterampilan bermain bolabasket melalui tes pengamatan diperoleh mean sebesar 2250,00. Disimpulkan bahwa tes keterampilan melalui tes STO lebih tinggi dibandingkan tes keterampilan melalui tes pengamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10601244022
Uncontrolled Keywords: bolabasket, keterampilan, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Mar 2015 01:11
Last Modified: 29 Jan 2019 19:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14016

Actions (login required)

View Item View Item