IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KURIKULUM 2013 GURU KELAS I DAN IV SD BANTUL TIMUR TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA

Siti, Marfu’ah (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KURIKULUM 2013 GURU KELAS I DAN IV SD BANTUL TIMUR TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Bab 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik integratif berdasarkan kurikulum 2013, hambatan yang ditemui dalam penerapannya dan usaha untuk mengatasi hambatan tersebut menurut persepsi guru kelas I dan IV di SD Bantul Timur, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Tiga pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian tersebut. Jenispenelitianiniadalahdeskriptif-kualitatif.Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I, guru kelas IV, dan siswa SD Bantul Timur, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah implementasi pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013. Setting penelitian mengambil tempat di SD Bantul Timur, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi yang telah divalidasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 di SD Bantul Timur sudah berjalan dengan cukupbaikyaitusudahsesuaidenganprinsipdankarakteristikpembelajarantematikintegratif. Hambatan yang ditemui dalam tahap persiapan adalah kurangnya waktu untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Hambatan yang ditemui dalam tahap pelaksanaan adalah perbedaan tingkat pemahaman siswa karena belajar dengan menggunakan tema membuat siswa kebingungan. Hambatan dalam tahap penilaian adalah penilaian yang dilakukan terdiri dari berbagai penilaian sehingga tidak dapat selesai dalam satu kali pembelajaran. Selain itu, pemahaman guru tentang teknik penilaian yang kurang menyebabkan guru tidak dapat menyelesaikan penilaian dengan baik. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah (1) membagi tugas setiap guru untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), (2) membimbing siswa yang tingkat pemahamannya kurang, dan (3) melakukan sharing dan tukar pikiran dengan guru lain. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif, guru kelas I dan IV SD Bantul Timur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 19:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14014

Actions (login required)

View Item View Item