PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SD NEGERI 1 PEDES KELAS V PENGGUNA GAME ONLINE

Dewi, Sholikhah (2014) PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SD NEGERI 1 PEDES KELAS V PENGGUNA GAME ONLINE. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI SHOLIKHAH 10108241027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa pengguna game online dan penyesuaian sosial siswa SD kelas V pengguna game online di SD Negeri 1 Pedes Argomulyo Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tujuh siswa kelas V yang sering bermain game online yaitu AN, AW, AL, DK, JF, HD, dan FM serta kesembilan informan yaitu guru kelas dan orangtua subjek. Adapun objek penelitian ini adalah penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain game online telah menjadi aktivitas sehari-hari ketujuh siswa kelas V SD Negeri 1 Pedes. Hal tersebut disebabkan oleh faktor pribadi yaitu diri sendiri dan faktor lingkungan yaitu orang tua dan teman sebaya. Permainan game online yang sering dimainkan siswa adalah jenis FPS (First Person Shooter) yang menjadikan anak menirukan aksi yang ada dalam sebuah game, sehingga menimbulkan perilaku agresif. Dampak yang diperoleh yaitu dampak positif dan negatif. Adapun penyesuaian sosial siswa pengguna game online di SD Negeri 1 Pedes adalah siswa baru dapat melakukan penyesuaian diri terhadap teman sebaya sesama pengguna game online. Adapun penyesuaian terhadap guru, mata pelajaran, teman sebaya selain pengguna game online, dan lingkungan sekolah kurang baik. Hal ini ditandai oleh siswa yang hanya bermain dengan teman-teman di kelasnya yang sesama pemain game online, waktunya hanya digunakan untuk membahas trik-trik dan perkembangan permainan yang telah dimainkan, siswa yang malas mengikuti pelajaran di sekolah dan tidak memperhatikan guru, saat pembelajaran berlangsung siswa sering menyibukkan diri dengan menggambar dan mencoret-coret buku catatan, siswa cenderung pasif ketika bekerja dalam kelompok dan ramai serta membuat gaduh, kurang mentaati peraturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah, cenderung mencela temannya dan agresif ketika ada teman lain yang salah atau tidak sesuai dengan kehendaknya. Kata kunci: penyesuaian sosial, siswa kelas V pengguna game online

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:06
Last Modified: 29 Jan 2019 19:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item