PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI SMP

Davi, Apriandi (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_MEDIA__PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_BERBASIS_MULTIMEDIA_INTERAKTIF_PADA_POKOK_BAHASAN_BANGUN_RUANG_SISI_LENGKUNG_DI_SMP.doc

Download (35kB)

Abstract

Bangun ruang sisi lengkung merupakan pokok bahasan yang membutuhkan visualisasi yang jelas dalam pembelajarannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat memvisualisasikan pokok bahasan ini dengan jelas Salah satu upayanya adalah dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif SMP kelas IX untuk pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk, berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Pengembangan media mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 3 guru matematika SMP dan siswa kelas IX E SMP N 9 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pengembangan media, angket evaluasi media untuk ahli media, angket evaluasi media untuk ahli materi dan pembelajaran, angket evaluasi media untuk guru, angket evaluasi media untuk siswa, angket respon siswa, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif adalah: (1) Melakukan analisis materi, analisis aspek-aspek yang harus ada dalam media interaktif, analisis situasi, analisis karakteristik siswa, merancang media dengan membuat story board dan flowchart, mengembangkan media dengan menggunakan Macromedia Flash 8, mengadakan ujicoba terbatas di SMP N 9 Yogyakarta, mengevaluasi hasil angket. (2) Media pembelajaran mampu memberikan dampak yang positif terhadap respon siswa kelas IX E di SMP N 9 Yogyakarta dengan memperoleh persentase 76,39% dengan kriteria “tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: fmipa admin
Date Deposited: 03 Jul 2012 04:25
Last Modified: 29 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item