Novita, Sari (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BLOG KELAS XI IPS SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA), umumnya masih menggunakan media konvensional (tradisional). Penggunaan media sebagai variasi dalam pembelajaran perlu dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan jaringan internet yakni media blog. Dengan memanfaatkan media blog, proses pembelajaran tidak lagi satu arah (dari guru ke siswa) tetapi dapat diperluas oleh siswa melalui situs (website) ya ng berisikan informasi tentang materi sosiologi yang telah disediakan di blog. Dengan demikian siswa antusias dalam mengikuti pelajaran, serta memungkinkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran sosiologi dengan memanfaatkan media blog dilihat dari peningkatan hasil belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Kolombo. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 47 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dikarenakan subjek penelitiannya kurang dari 100. Terdapat dua kelas untuk dijadikan kelompok penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol (KK) dan kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperimen (KE). Pemberian perlakuan kepada kelompok eksperimen menggunakan media blog, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan media blog. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah control group pre-test post-test design. Untuk menguji validitas data menggunakan korelasi Product Moment, hasilnya 23 butir soal valid dan 7 butir soal gugur. Kemudian uji reliabilitas dengan program SPSS 16.0 menggunakan Kuder Richardson 20 dengan nilai 0,808, artinya mempunyai bobot keterandalannya sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji-t berupa independent t-test. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rerata kelompok eksperimen sebesar (75,71) sedangkan nilai rerata kelompok kontrol (68,30). Hal ini menunjukkan ada perbedaan nilai rerata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sosiologi FIS |
Date Deposited: | 26 Mar 2015 00:48 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14005 |
Actions (login required)
View Item |