PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI KENARAN 2 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Wulan Puspa, Sari (2014) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI KENARAN 2 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas VA SD Negeri Kenaran 2 Prambanan Sleman Yogyakarta melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Kenaran 2 dengan jumlah 20 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pendekatan kontekstual, sedangkan tes digunakan untuk mengukur penguasaan konsep IPA siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes penguasaan konsep IPA yang berupa skor rerata. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA siswa kelas VA SD Negeri Kenaran 2 Prambanan Sleman Yogyakarta meningkat setelah diterapkannya pendekatan kontekstual. Hal ini terbukti pada peningkatan penguasaan konsep IPA siswa dari skor rerata hasil tes sebelum tindakan sebesar 60.6 menjadi 69 pada akhir siklus I, dan meningkat menjadi 78.8 pada akhir siklus II. Siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari 40% pada pratindakan menjadi 65% pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Hasil observasi juga menunjukkan guru dan siswa telah melaksanakan prosedur pendekatan kontekstual dengan baik. Kata kunci: IPA, penguasaan konsep, pendekatan kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item