HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI PENSIUN PADA GURU SD DI KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2015-2016

Ivanti Andriana Nurvaeni, Ivanti (2015) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI PENSIUN PADA GURU SD DI KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2015-2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan kesiapan menghadapi pensiun pada guru SD di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo tahun 2015-2016. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD yang akan pensiun pada periode 2015-2016 di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo dengan jumlah 16 orang, karena mengambil seluruh subjek yang ada sehingga penellitian ini di sebut penelitian populasi. Lokasi penelitian dilakukan di UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Sentolo. Dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala kecemasan dan skala kesiapan menghadapi pensiun, rumus Pearson Corelation digunakan untuk menguji validitas. Uji reliabilitas angket kecemasan dan kesiapan menghadapi pensiun menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81% guru SD yang akan pensiun di Kecamatan Sentolo memiliki tingkat kesiapan sedang, dan sebesar 87,5% guru SD yang akan pensiun memiliki kecemasan menghadapi pensiun sedang. Ada hubungan yang positif antara tingkat kesiapan dengan kecemasan menghadapi pensiun pada guru SD di Kecamatan Sentolo dengan nilai korelasi 0,573. Hasil analisis korelasi mendukung perolehan koefisien determinasi sebesar 0,328 yang menunjukkan 32,8% kesiapan diakibatkan karena kecemasan menghadapi pensiun, selebihnya 77,2% disebabkan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil peneitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesiapan yang dimiliki guru dalam menghadapi pensiun sedang sehingga kecemasan yang dimiliki guru dalam menghadapi pensiun dalam tingkat sedang pula.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:51
Last Modified: 29 Jan 2019 19:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item View Item