PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN STRATEGI MODALITAS VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGWULUH, TEMON, KULON PROGO

Nafisa Wahyu, Lukitamurti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN STRATEGI MODALITAS VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGWULUH, TEMON, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan strategi modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik pada siswa kelas IV SD Negeri Karangwuluh, Temon, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian tindakan kelasnya yakni kolaboratif partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangwuluh, yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 6 siswa putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan deskriptif kuantitatif denganuji hipotesisnya menggunakan uji t Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan pembelajaran yang menerapkan strategi modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik hasil belajar IPS meningkat. Indikasi peningkatan tersebut yakni hasil rerata kognitif siswa meningkat dari nilai rata-rata siswa pada pratindakan (nilai ulangan harian) sebesar 65,81 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 siswa (37,5%), setelah tindakan siklus I meningkat sebesar 9,19 menjadi 75 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa (62,5%), setelah tindakan siklus II meningkat sebesar 6,1875 menjadi 81,1875 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa 81,25%. Rerata gain dari pratindakan ke siklus I 0,26 meningkat pada rerata gain dari siklus I ke siklus II sebesar 0,06 menjadi 0,32 yang berada di kategori sedang. Rerata hasil belajar afektif dan psikomotor pada siklus I 19,5 meningkat sebesar 1,875 pada siklus II menjadi 21,375 yang berada dikategori baik. Hasil penelitian lainnya proses penerapan strategi modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Karangwuluh. Hal ini dibuktikan dengan uji t dimana t tabel < α. Kata kunci: Modalitas Visual, Auditori, dan Kinestetik, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:55
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item View Item