SUMBANGAN KECEPATAN, KELENTUKAN, DAN KELINCAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP DIPONEGORO SLEMAN

Hendro Wibowo, Hendro Wibowo (2014) SUMBANGAN KECEPATAN, KELENTUKAN, DAN KELINCAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP DIPONEGORO SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Abstrak Siswa di SMP Diponegoro Sleman belum terlalu memahami bahwa dengan latihan teknik-teknik dasar tersebut dapat mempengaruhi dalam suatu permainan sepak bola. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sumbangan kecepatan, kelentukan, dan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola di SMP Diponegoro. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana variasi pada satu variabel berkaitan dengan variasi pada satu atau lebih dari variabel lain berdasarkan koefisien korelasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes pengukuran kecepatan, kelentukan, kelincahan dan menggring bola. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP Diponegoro Sleman yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis analisis korelasi product moment dan analisisi regresi berganda pada taraf signifikasi 5 %. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara kecepatan terhadap kemampuan menggiring bola dengan koefisien korelasi antara r x1.y = 0,674 > r = 0,306.Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan terhadap kemampuan menggiring bola dengan koefisien korelasi antara r x2.y (0.05)(29) = -0,632 > r = 0,306.Terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola koefisien korelasi antara r (0.05)(29) = 0,812 > r = 0,306. Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan, kecepatan dan kelincahan terhadap kemampuan menggring bola dengan F hitung 25,958 > F tabel (2,89). Sumbangan dari kecepatan terhadap kemampuan menggiring (0.05)(29) bola, yaitu sebesar 12,62%, sumbangan dari kelentukan terhadap kemampuan menggiring bola, yaitu sebesar 17,75%, sumbangan dari kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola, yaitu sebesar 44,16%, secara bersama-sama sumbangan dari kecepatan, kelentukan dan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola, yaitu sebesar 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 07601241054
Uncontrolled Keywords: Kelentukan, Kecepatan, Kelincahan, Kemampuan Menggiring Bola x3.y
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:48
Last Modified: 11 Mar 2019 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item