PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MELALUI METODE STORY TELLING DI SD N GEMBONGAN SENTOLO KULON PROGO

Ferry, Sulistiyono (2014) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MELALUI METODE STORY TELLING DI SD N GEMBONGAN SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi FERRY SULISTIYONO NIM 10108244106.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan dan hasil minat belajar siswa terhadap pembelajaran tematik pada tema pekerjaan kelas I melalui metode story telling di SD N Gembongan, Sentolo, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD N Gembongan yang berjumlah 22 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2014 di SD N Gembongan yang beralamat di Jalan Wates Km. 19 Klebakan, Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari angket, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode story telling dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas I di SD N Gembongan dengan langkah-langkahnya yaitu (1) Pemilihan cerita yang sesuai dengan materi pelajaran, (2) Mengkondisikan kegiatan belajar mengajar, (3) Membawakan cerita dengan baik dan menarik, (4) Melibatkan siswa dalam kegiatan bercerita, (5) Guru mengajukan pertanyaan mengenai isi cerita dan mengaitkan dengan materi pelajaran. Pada siklus I menunjukkan 80% (16 siswa) siswa kelas I memperoleh skor minat belajar ≥ 25 (kategori minat belajar tinggi) dan siklus II terdapat 85% (17 siswa) siswa kelas I memperoleh skor minat belajar ≥ 25 (kategori minat belajar tinggi).Selain itu, terjadi peningkatan minat belajar siswa kelas I dari pra siklus menunjukkan angka 16,50 dengan kategori minat belajar rendah, padasiklus I menunjukkan angka 25,75 dengan kategori minat belajar tinggi, dan menjadi angka 26,50 dengan kategori minat belajar tinggi pada siklus II. Kata kunci: minat belajar, pembelajaran tematik, metodestory telling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 19:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item View Item