PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN TEKNIK SCRAMBLE WACANA SISWA KELAS IVA SD N TUKANGAN YOGYAKARTA

Arif, Suratno (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN TEKNIK SCRAMBLE WACANA SISWA KELAS IVA SD N TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Arif Suratno.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas kemampuan membaca pemahaman Siswa Kelas IVA SD N Tukangan Yogyakarta. Dalam mengikuti pembelajaran siswa terlihat kurang bersemangat, hal ini dikarenakan guru dalam mengajarkan materi pembelajaran membaca pemahaman menggunakan cara yang monoton. Guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia hanya memberikan teks bacaan kepada siswa, kemudian siswa disuruh menjawab pertanyaan dari teks bacaan tersebut. Sehingga keterampilan membaca pemahaman siswa masih kurang bahkan bisa dikatakan masih memprihatinkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian Siswa Kelas IVA SD N Tukangan Yogyakarta Tahun ajaran 2013/2014. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV A SD N Tukangan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penerapan teknik scramble wacana berhasil memperbaiki proses pembelajaran serta kemampuan membaca pemahaman siswa dapat meningkat. Siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih berani mengungkapkan pendapatnya, serta kerja kelompok berjalan dengan baik. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari jumlah siswa yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal pada pre-tes sebesar 36%, akhir siklus I sebesar 64%, dan pada akhir siklus II sebesar 92%. Sedangkan nilai rata-rata pada pratindakan adalah sebesar 6,3, akhir siklus I sebesar 69,9, dan pada akhir siklus II sebesar 78,44. Kata kunci: teknik, scramble, wacana, membaca, dan pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 19:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item