PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS 2 KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Rohmatul, Ummah (2015) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS 2 KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap minat belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus 2, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus 2, Kecamatan Pengasih yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian sebanyak 113 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dengan taraf signifikansi 5% ditemukan bahwa F hitung lebih besar dari Ftabel yaitu Fhitung 169,746 > Ftabel 3,93. Dengan demikian hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap minat belajar Matematika siswa kelas IV SDN Se-Gugus 2 Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,605 yang berarti bahwa faktor konsep diri memberikan konstribusi terhadap minat belajar Matematika sebesar 60,5% dan selebihnya 39,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Besarnya koefisien korelasi (r hitung ) sebesar 0,778 pada rentang 0,60-0,778 yang berarti korelasi variabel X dan Y adalah kuat. Selanjutnya, ditemukan bahwa konsep diri siswa kelas IV SDN se-Gugus 2, Kecamatan Pengasih termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 66,4% dan minat belajar Matematika siswa juga termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 63,7%. kata kunci : konsep diri, minat belajar, SDN se-Gugus 2 Pengasih Kulon Progo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:50
Last Modified: 29 Jan 2019 19:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item