PENGELOLAAN PROGRAM OPEN HOUSE DI SEKOLAH MENENGAH TEKNOLOGI INDUSTRI (SMTI) YOGYAKARTA TAHUN 2014

Nanik, Apriyanti (2015) PENGELOLAAN PROGRAM OPEN HOUSE DI SEKOLAH MENENGAH TEKNOLOGI INDUSTRI (SMTI) YOGYAKARTA TAHUN 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
nanik apriyanti_10101241023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan open house di SMK SMTI Yogyakarta, (2) Pelaksanaan open house di SMK SMTI Yogyakarta, (3) Evaluasi pelaksanaan open house di SMK SMTI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian humas, ketua panitia open house, dan sie acara open house. Setting penelitian di Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Yogyakarta pada bulan Juni sampai Agustus 2014. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan open house meliputi penentuan tema oleh panitia dengan voting. Waktu penyelenggaraan menjelang PPDB. Pembagian kerja panitia tidak berdasarkan kompetensi. Anggaran ditentukan dengan cara setiap seksi menyusun kebutuhan dan rincian harga lalu dilaporkan ke sekolah. Promosi dengan brosur, pamflet, radio, televisi, twitter, dan facebook. Bazar dan gebyar wirausaha mendirikan stand. Pertunjukan ekstrakurikuler dan lomba band mendirikan panggung. Siswa praktek di laboratorium menggunakan beberapa laboratorium. (2) Pelaksanaan open house adalah implementasi perencanaan. Secara keseluruhan open house dilaksanakan sesuai rencana. Tema yang terpilih adalah “To Be A Winner Start Here”. Open house diselenggarakan pada Minggu, 9 Maret 2014. Pembagian kerja panitia meliputi penasehat, penanggung jawab, pembimbing, ketua, wakil ketua, sekretaris I, sekretaris II, bendahara I, bendahara II, seksi acara, seksi pubdekdok, seksi perkap, seksi korlap, seksi konsumsi, seksi keamanan, seksi dana usaha, dan seksi humas. Anggaran berasal dari sekolah dan tidak menggunakan sponsor. Promosi dilakukan dua minggu sebelum open house. Bazar dan gebyar wirausaha mendirikan lima stand. Ekstrakurikuler menampilkan karawitan, paduan suara, marchingband, tari, tae kwon do, teater, dan pencak silat. Lomba band diikuti tujuh peserta dari SMP. Praktek siswa SMK SMTI menggunakan laboratorium instrumen, proksimat, rekayasa, listrik, mikro biologi, bengkel, dan OTK. Pengunjung dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan, dan (3) Pihak yang terlibat evaluasi adalah panitia. Aspek yang dievaluasi adalah kegiatan, anggaran, tempat, waktu, promosi, dan panitia. Evaluasi dilakukan setiap seksi dengan menganalisis permasalahan lalu dirangkum dan dilaporkan ke sekolah. Kata kunci: pengelolaan, open house

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 19:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13959

Actions (login required)

View Item View Item