PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 1 PEDES, SEDAYU, BANTUL, TAHUN AJARAN 2013/2014

Prabantara Esti, Wijayanti (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 1 PEDES, SEDAYU, BANTUL, TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PRABANTARA ESTI WIJAYANTI-NIM 10108244101.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan aktivitas pembelajaran keterampilan berbicara, dan 2) meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita pada siswa kelas V SD 1 Pedes, Sedayu, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V B SD 1 Pedes, Sedayu, Bantul tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 16 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data kuantitaif yaitu nilai rerata, sedangkan untuk analisis data kualitatif digunakan model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan keterampilan berbicara. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 19, kondisi awal 50% meningkat menjadi 69%. Peningkatan siklus II sebesar 35, kondisi awal 50% meningkat menjadi 85%. Hal ini menyebabkan keterampilan berbicara siswa meningkat. Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita pada siklus I sebesar 7,28, kondisi awal 65,18 meningkat menjadi 72,46. Peningkatan siklus II sebesar 14,84 pada kondisi awal 65,18 meningkat menjadi 80,02. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode bercerita, anak SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item