PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF DAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENILIK TERHADAP KINERJA GURU PAUD SE KECAMATAN LENDAH

Listyo, Riyono (2015) PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF DAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENILIK TERHADAP KINERJA GURU PAUD SE KECAMATAN LENDAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LISTYO RIYONO_10101244032.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja guru PAUD; (2) pengaruh supervisi akademik oleh penilik terhadap kinerja guru PAUD; (3) pengaruh pemberian insentif dan supervisi akademik oleh penilik terhadap kinerja guru PAUD se-Kecamatan Lendah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru PAUD Non Formal di Kecamatan Lendah yang berjumlah 108 guru kemudian diambil sampel sebanyak 79 guru yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Intrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala penilaian yang memiliki 4 alternatif jawaban, terdiri atas 80 butir. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian insentif terhadap kinerja guru PAUD. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik oleh penilik terhadap kinerja guru PAUD. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian insentif dan supervisi akademik oleh penilik secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAUD. Kata Kunci: insentif guru, kinerja guru, supervisi akademik, PAUD Non Formal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 19:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item View Item