Lia, Nurmawati (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA SISWA HIPERAKTIF DI SEKOLAH REGULER KELAS I SD NEGERI TIRTOMULYO KRETEK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada siswa hiperaktif di sekolah reguler kelas I SD Negeri Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa hiperaktif di kelas I SD Negeri Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung selama tiga kali pertemuan. Pengambilan data penelitian ini mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran di kelas I SD Negeri Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta yang dilihat dari segi perbedaan penyusunan RPP untuk siswa hiperaktif dengan siswa normal, penyusunan tujuan, pengemasan materi, pemilihan metode, pemilihan media, penyusunan kegiatan pembelajaran, dan pemilihan bentuk evaluasi masih cukup baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada siswa hiperaktif di kelas I SD Negeri Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta secara keseluruhan sudah baik. Namun masih ada aspek yang cukup baik yaitu perlakuan terhadap siswa hiperaktif dan keterampilan membuka pelajaran, hal ini dikarenakan pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan karakteristik siswa hiperaktif (3) Evaluasi pembelajaran di kelas I SD Negeri Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta yang dilihat dari kesesuaian dengan tujuan dan KKM, dan kesesuaian dengan karakteristik siswa cukup baik. Hal ini dikarenakan bentuk evaluasi yang dipilih guru terkadang tidak sesuai dengan karakteristik siswa hiperaktif. Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran siswa hiperaktif, SD Negeri Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 00:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |