Tri Asihah, Ratna (2015) PENGEMBANGAN MODUL BI-FULL PROGRAM REMIDIAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI FISIKA SISWA SMA KELAS X MIA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Ratna Tri Asihah.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul Bifull yang layak untuk program remidial pada materi besaran dan satuan (2) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi besaran dan satuan pada siswa yang menggunakan modul Bi-full dalam program remidial. Pengembangan media pembelajaran yang dilakukan mengadopsi model 4- D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop),dan tahap penyebaran (diseminate). Pada tahap define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pemilihan format dan desain modul. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh validator ahli dan praktisi. Data validasi dari validator ahli dan praktisi digunakan untuk menunjukkan kelayakan modul. Uji coba terbatas dan uji coba lapangan dilakukan di kelas X MIA SMA Negeri 1 Kasihan dengan sampel dan subjek siswa yang mempunyai nilai di bawah standar KKM. Program remidial dilakukan dua tahap yaitu uji coba terbatas pada 5 siswa dan uji coba lapangan pada 13 siswa. Data penelitian dijaring menggunakan angket respon siswa dan posttest. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif pada saran/komentar serta analisis deskriptif kuantitatif pada skor penilaian validator dan siswa. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) modul Bi-full hasil pengembangan layak digunakan untuk program remidial pada materi besaran dan satuan dengan kategori kualitas baik berdasarkan penilaian dari validator ahi dan praktisi serta penilaian siswa remidial SMA Negeri 1 Kasihan (2) penguasaan materi besaran dan satuan pada siswa yang menggunakan modul Bi-full dalam program remidial mengalami peningkatan dengan kategori sedang berdasarkan perhitungan standar gain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul Bi-full, remidial, kualitas modul, penguasaan materi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 00:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |