PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 BANTUL

Betut, Betut Sendra (2013) PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Betut Sendra Wijaya_07601241031.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelatihan passing bawah menggunakan metode bermain diduga mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap kemampuan passing bawah bola voli peserta ekstrakurikuler SMA N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest and Post Test Design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler bola voli putra, dengan jumlah 20 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen berupa Kautz Volley Ball Passing Test. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t mendapatkan t hitung sebesar - 10,405 lebih besar dari t tabel sebesar 1,729 (-10,405 > 1,729), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 3,50 dari 17,60 menjadi 21,10. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 19,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan metode bermain terhadap kemampuan passing bawah bola voli peserta ekstrakurikuler SMA N 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 07:06
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item View Item