PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDONGKIWO

Siti Nur, Rahmawati (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDONGKIWO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-SITI NUR RAHMAWATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dengan teknik Numbered Heads terhadap hasil belajar IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 51 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda tentang materi peristiwa sekitar proklamasi. Kesahihan dan kepercayaan instrumen penelitian ini diperoleh melalui korelasi biserial, reliabilitas rumus K-R 21, daya pembeda dan indeks kesukaran. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri Gedongkiwo Tahun Ajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa, hasil post-test kelas eksperimen yaitu 74,56, kelas kontrol yaitu 67,65. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung 2,690> t tabel dan nilai sig 0,011 < 0,05. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan signifikan dari hasil post-test tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match lebih efektif dan berpengaruh positif dibandingkankan dengan teknik Numbered Heads untuk pembelajaran IPS materi “peristiwa sekitar proklamasi” kelas V. Kata kunci: Make a Match, Numbered Heads, Hasil belajar IPS, SD Negeri Gedongkiwo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13925

Actions (login required)

View Item View Item