UPAYA PENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET, LOMPAT KARDUS DAN MERAIH SASARAN DI ATAS UNTUK SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 IMOGIRI

Wahyu, Wahyu Kurniawan (2013) UPAYA PENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET, LOMPAT KARDUS DAN MERAIH SASARAN DI ATAS UNTUK SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 IMOGIRI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
WAHYU KURNIAWAN_07601241024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas gerak dan rasa senang siswa menjadi permasalahan untuk tercapainya ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet, lompat kardus dan meraih sasaran di atas untuk siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua (2) siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 80 menit. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Imogiri yang berjumlah 31 siswa. Variabel yang diteliti adalah suasana kelas yang ditandai aktivitas siswa, rasa senang dan unjuk kerja siswa dalam malakukan pembelajaran lompat jauh. Data diambil sebelum melaksanakan pembelajaran, saat melakukan pembelajaran, dan sesudah pembelajaran oleh kolaborator bersama guru dengan menggunakan tabel observasi. Pendapat siswa melalui angket yang dibagikan sesudah pembelajaran, sebagai upaya untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet, lompat kardus, dan meraih sasaran di atas dapat meningkatkan aktivitas siswa 29 siswa kategori baik, rasa senang 26 siswa kategori baik, dan unjuk kerja siswa 29 siswa (93,55%) tuntas, sedangkan 2 siswa (6,45%) belum tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permaianan lompat karet, lompat kardus dan meraih sasaran diatas untuk siswa kelas VIIIC Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Imogiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Mar 2015 07:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item