EFEKTIVITAS PENERAPAN MULTIMEDIA-BASED LEARNING (MBL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2013/2014

Abyoga, Marsya Woro (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MULTIMEDIA-BASED LEARNING (MBL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10314244007]Marsya Woro Abyoga.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) perbedaan yang signifikan pada hasil belajar dan SRL siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbedaan yang signifikan antara SRL awal dan akhir siswa kelas eksperimen, dan (3) hubungan yang signifikan antara SRL dengan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok tahun ajaran 2013/2014. Sampel ditentukan dengan metode cluster random sampling yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan MBL dan kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran tanpa MBL. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes hasil belajar dan angket SRL. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji anakova, uji t, dan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar namun tidak pada SRL siswa kelas eksprimen dan kelas kontrol, (2) ada perbedaan yang signifikan antara SRL awal dan akhir siswa kelas eksperimen, dan (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara SRL dengan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:20
Last Modified: 25 Mar 2015 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item