PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU SD NEGERI WIDORO LEMPUYANGAN YOGYAKARTA

Rina, Angraeni (2014) PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU SD NEGERI WIDORO LEMPUYANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RINA 09108244015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penelitian tindakan kelas guru SD Negeri Widoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru SD Negeri Widoro yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Penelitian Tindakan Kelas (PTK) didasari oleh Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 dan keinginan kepala sekolah untuk menaikkan jabatan guru yang bergolongan IV/a ke atas, sehingga program PTK wajib bagi guru golongan IV/a dan himbauan bagi guru yang belum mencapai golongan IV/a. Akan tetapi, pelaksanaan PTK tidak berjalan dengan maksimal. Guru yang melaksanakan penelitian tindakan kelas adalah guru yang akan naik jabatan (28,6%), sedangkan guru yang tidak dapat naik jabatan tidak melaksanakan penelitian tindakanan kelas (71,4%). Faktor utama keterlaksanaan penelitian tindakan kelas adalah motivasi. Guru yang memiliki motivasi untuk naik jabatan ternyata melaksanakan PTK, sedangkan guru yang tidak memiliki motivasi untuk naik jabatan ternyata tidak melaksanakan PTK. Motivasi untuk naik jabatan merupakan satu-satunya faktor pendukung pelaksanaan PTK. Akan tetapi, faktor penghambat pelaksanaan PTK terdiri dari: 1) pengetahuan dan pemahaman guru terkait penelitian tindakan kelas kurang mendalam, 2) usia, 3) latar belakang pendidikan, 4) persepsi diri sibuk, 5) budaya baca yang kurang, 6) kurangnya sarana dan prasarana, 7) tidak ada anggaran dana, dan 8) penataran dan pelatihan yang kurang efektif. Kata kunci : Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),guru SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13911

Actions (login required)

View Item View Item