UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BERHITUNG SISWA KELAS I B SD NEGERI PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA

ANITA, SULVIANA (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BERHITUNG SISWA KELAS I B SD NEGERI PERUMNAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
DePan.rtf

Download (2MB)
[img] Other
isi.rar

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan prestasi belajar berhitung siswa, mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan metode jarimatika dalam pembelajaran matematika, dan meningkatkan prestasi belajar berhitung siswa kelas I B SD Negeri Perumnas Condongcatur Depok Sleman melalui penggunaan metode berhitung jarimatika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari empat pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika yang dapat meningkatkan prestasi belajar berhitung yaitu dengan mengajak siswa untuk selalu bergembira dengan bernyanyi bersama dilanjutkan dengan mengenalkan lambang-lambang bilangan yang digunakan di dalam jarimatika dan pengenalan nilai tempat; melakukan bimbingan individual terhadap kesulitan siswa; dan dalam pembelajaran berikutnya, guru memberikan penjelasan dengan berulang-ulang terutama mengenai nilai tempat dan formula/ rumusan teman kecil dan teman besar; dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi dapat merangsang siswa untuk lebih aktif, berani mengungkapkan pendapatnya, dan menambah pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Kemampuan berhitung siswa secara umum mengalami peningkatan ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil post_test pada siklus I adalah 66,07 dengan kategori sedang, sedangkan pada siklus II adalah 76,43 dengan kategori tinggi. Siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan metode jarimatika. Siswa semakin antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, siswa merasa senang dan bergembira dalam setiap proses pembelajaran dengan jarimatika sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan siswa, siswa senang belajar jarimatika karena mereka dapat bermain sambil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item