HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GASAL SMA N 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Puspitasari, Triea Ardianti (2014) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL DAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GASAL SMA N 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241003]Triea Ardianti Puspitasari.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara: (1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia dan (2) kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia pada materi Hukum-hukum Dasar Kimia. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Rancangan yang digunakan adalah rancangan satu cuplikan dengan tiga variabel. Kemampuan verbal dan penalaran merupakan variabel bebas. Prestasi belajar ilmu kimia peserta didik merupakan variabel terikat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 288 peserta didik, dan sampel berjumlah 86 peserta didik kelas X semester gasal SMA N 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan valid dan reliabel terdiri atas 20 butir soal kemampuan verbal, 17 butir soal kemampuan penalaran, dan 22 butir soal prestasi belajar peserta didik. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan analisis korelasi Speraman Rank. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antara: (1) kemampuan verbal dengan prestasi belajar ilmu kimia (rs = 0,360) dan (2) kemampuan penalaran dengan prestasi belajar ilmu kimia (rs = 0,487) pada materi Hukum-hukum Dasar Kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:20
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item